Minggu, 09 Juni 2013

Silabus Dan Kisi Kisi Ujian Tengah Semester STAI Assalamiyah


Nama Mata Kuliah : Sejarah Peradaban Islam (SPI)
Program Study : S-1
Bobot : 4 SKS
Kampus : STAI Assalamiyah Jawilan
Dosen/Asdos : H. Bakroni Latar


Deskripsi
Sejarah merupakan realitas masa lalu, keseluruhan fakta, dan peristiwa yang unik dan berlaku. Hanya sekali dan tidak terulang untuk yg kedua kalinya. Oleh karena itu, ada pandangan bahwa masa silam tidak perlu dihiraukan lagi, anggap saja masa silam itu ”kuburan”. Pandang ini tentu saja sangat subyektif dan cenderung apriori sekaligus tidak memiliki argumentasi yang kuat. Tapi bagaimanapun sebuah perirtiwa pada masa silam bisa dijadikan pandangan untuk kehidupan yang akan datang agar lebih baik.
Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam (SPI) merupakan mata kuliah wajib untuk program studi S-1 di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Dalam perkuliahan matakuliah ini mahasiswa akan diarahkan pada cara memahami Islam, baik Islam sebagai agama, budaya dan ilmu. Islam mempunyai rangkaian sejarah panjang yang tidak dapat dilupakan. Dimana dalam konteks peradaban, Islam mempunyai segudang bukti sejarah kemajuan dan perkembangan dari semua aspek.
Hal ini tentu harus dipahami secara betul oleh para mahasiswa karena Islam mempunyai karakter yang unik dalam kehidupan keberagamaannya. Oleh sebab itu, kajian seputar Sejarah Peradaban Islam dipandang sangat perlu untuk dikaji secara mendalam. Sehingga dalam proses pemahaman keislaman akan lebih utuh ketika betul-bentul paham dan mengerti tentang Sejarah Peradaban Islam.

Bagi Mahasiswa/i STAI Assalamiyah silahkan kisi-kisi/silabus khusus Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam untuk dikaji dan di pelajari secara mandiri untuk persiapan mengikuti ujian tengah semester di STAI Assalamiyah. "Materi Kuliah STAI Assalamiyah".
 
SELENGKAP NYA DOWNLOAD DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Para Pengunjung TBM Maktabah Jawilan Yang Terhormat Silahkan Tinggalkan Komentar Disini !

Bagi Yang Menggunakan Profile "Anonymous" Mohon Tuliskan Nama dan Email Sobat !!!!

Thx AA H. Rony

CARI TULISAN DISINI
PILIH BAHASA