Sabtu, 02 Maret 2013

Kenapa Mesti Malu Untuk Bertanya ? Bertanyalah !!!

Bertanya adalah salah satu cara untuk mendapatkan ilmu. Ilmu ibarat barang tambang, sedangkan bertanya adalah alat bor untuk menggali dan menyedotnya ke permukaan. Maka, dengan bertanya, ilmu akan diungkapkan oleh pemiliknya, kemudian bisa diambil hikmah dan manfaatnya.”
Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

BERTANYALAH kepada orang-orang yang memiliki pengetahun, jika kamu tidak mengetahuii.” (QS. An-Nahl: 43)
Abul ‘Aliyah (seorang Tabi’in) rohimahulloh berkata, “Sibukkanlah diri kalian untuk menimba ilmu dan perbanyaklah BERTANYA tentangnya. Ketahuilah bahwa ilmu tidak akan hinggap kepada orang yang malu dan orang yang sombong. Orang yang malu tidak mau bertanya karena malu, orang yang sombong tidak bertanya karena kecongkakannya.”

Imam Ibnul Qayyim rohimahulloh berkata, “Ilmu memiliki enam tingkatan: (1) Baik dalam BERTANYA, (2) diam dan mendengarkan dengan baik, (3) memahami dengan baik, (4) menghafalkannya, (5) mengajarkannya, dan (6) – yang merupakah buahnya- yaitu mengamalkannya dan memperhatikan batasan-batasannya.” (Miftaah Daaris Sa’aadah (I/511). Lihat Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga hal. 92)

Terkadang ketika kita sedang belajar bahsa Arab, ada saja hal-hal yang belum kita mengerti. Maka disaat itu kita dituntut untuk segera mencari tahu. Jangan diam saja.
Sekarang ini, banyak sekali tempat-tempat yang bisa kita jadikan sumber bertanya. Diantaranya:
  1. Pondok Pesantren
Pondok pesantren banyak tersebar di negeri kita ini. Kita bisa datang ke pondok pesantren terdekat. Kalau kita tidak bisa bertanya langsung kepada ustadz yang mengajar, kita bisa bertanya kepada para santri. Mereka tentu akan dengan senang hati menjawab pertanyaan kita.

  1. Radio Islam
Ada juga radio Islam yang punya program bimbingan belajar bahasa Arab. Misalnya saja radio rodja (756 am). Seminggu sekali disiarkan pelajaran bahasa Arab untuk pemula. Pendengar bisa mengajukan pertanyaan, baik langsung lewat telepon atau via SMS.

  1. Internet
Di internet banyak juga situs-situs Islam yang mengkhususkan diri pada pengajaran bahasa Arab. Baik yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa asing. Biasanya situs-situs ini memberi layanan konsultasi bagi yang ingin bertanya tentang bahasa Arab.

  1. Majalah Islam
Beberapa majalah Islam ada yang menyediakan rubrik bahasa Arab. Dan tentu saja mereka menyediakan layanan konsultasi bagi pembaca yang ingin bertanya tentang materi bahasa Arab.

Dan masih banyak lagi tempat-tempat untuk bertanya. Ingat! Selama kita ada kemauan, insya Alloh di situ akan ada jalan.

0 komentar:

Posting Komentar

Para Pengunjung TBM Maktabah Jawilan Yang Terhormat Silahkan Tinggalkan Komentar Disini !

Bagi Yang Menggunakan Profile "Anonymous" Mohon Tuliskan Nama dan Email Sobat !!!!

Thx AA H. Rony

CARI TULISAN DISINI
PILIH BAHASA